Jumat, 23 September 2011

Pertemuan 2 mata kuliah ketrampilan komputer

MENGIDENTIFIKASI DAN MENGOPERASIKAN PERSONAL KOMPUTER

MENGIDENTIFIKASI PC
Personal komputer adalah seperangkat peralatan komputer yang digunakan oleh pribadi/orang baik dilingkungan perkantoran, rumah, toko, sekolah, dll. Dalam pengolahan data, komputer memerlukan sistem yang merupakan kesatuan elemen yang terdiri dari:
1. Hardware (perangkat keras) yaitu kumpulan komponen di komputer yang dapat dilihat, diraba dan dirasakan yang dikelompokan menjadi:
keyboard
mouse
  • Device Input ; keyboard, mouse, scanner,dll
 
  • Device Ouput ; monitor, printer, dan speaker.
 
printer

 
  •  
  • Device process; prosesor, motherboard, memori
 
  • Device peripheral; modem, tv tuner, USB flash
2. Software  (perangkat lunak) yaitu program yang berisi instruksi/perintah sebagai perintah yang menghubungkan antara hardware dengan brainware yang ditulis dalam bahasa komputer.Software digolongkan menjadi:
  • Software operation system (OS); DOS, Windows, Linux
  • Software application ; Microsoft office, Database management, program grafis, network software, web design tool, dll.
3. Brainware (pengguna) yaitu yang mengoperasikan dan menjalankan software yang ada di komputer. Berdasarkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki pengguna komputer dapat dikelompokan menjadi: programer, operator, technical support, dan desainer grafis. 

HARDWARE
DEVICE INPUT
Terbagi atas :
1. Peralatan input langsung ; yaitu peralatan yang langsung memasukkan data atau perintah ke alat proses untuk langsung diprosese tanpa melalui perantara alat lainnya, diantaranya sebagai berikut :
  • keyboard yang berfungsi untuk memasukan input data dengan mengetik kalimat dan simbol khusus lainnya pada komputer.
  • pointing device yang berfungsi sebagai penunjuk dalam memilih program /file yang diinginkan, penunjuk dalam perintah yang diperlukan, penunjuk kursor yang dikehendaki, alat bantu dalam meletakkan posisi grafis /gambar, alat bantu fungsi keyboard yang tidak dapat dilakukan oleh keyboard. Contoh pointing device adalah mouse, pointing stick, trackball, joystick, touch screen, light pen, digitizing graphic tablet.
  • scanner berfungsi mengkopi gambar, foto, dokumen dan teks ke dalam media penyimpanan (misanya, harddisk, disket, USB flash dan (CD). Jenis sacnner ada berbagai macam antara lain, flatbed scanner, handy scanner, pen scanner, PSC (print, scan, copy).
2. Peralatan input tidak langsung, yaitu peralatan yang tidak langsung berhubungan dengan peralatan proses, tetapi terlebih dahulu merekam data input melalui media penyimpanan.Misalnya, keypunch yang dilakukan melalui media punchedcard, key to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape), key to disk yang merekam data ke media magnetic disk (disket, harddisk).

3. Teleprinter terminal, adalah gabungan dari keyboard dan layar monitor, yang dapat menerima input data dan ditampilkan ke layar monitor. contohnya adalah dumb terminal, Automatic teller machine (ATM), POS (point of sales) terminal.

PROSES DEVICE
Peralatan proses data merupakan peralatan yang terdiri dari atas beberapa hardware yang saling berhubungan dalam bertugas menerima input data yang selanjutnya di prosese menjadi informasi kepada rainware. Hubungan tersebut dilakukan melalui jalur yang disebut dengan bus, yang terdiri atas:
  • internal bus yaitu bus yang menghubungkan CPU dan memori utama
  • external bus yaitu bus yang menghubungkan antara CPU dan alat input dan output
Peralatan hardware yang bekerja di dalam pemproses data sebagai berikut:
a. casing, adalah otak pembungkus atau tempat meletakkan komponen hardware pemproses,  misalnya  power supply, motherboard, floopy disk, CD-Rom, DVD Rom , yang berfungsi melindungi komponen hardware dari gangguan luar.
b. power supply, berupa kotak tegangan listrik yang menempel pada bagian belakang setiap casing dan memiliki beberapa kabel power yang akan disambungkan ke komponen hardware yang ada di dalam casing.
c. motherboard atau mainboard, berupa papan elektronik utama yang mempunyai beberapa slot individual yang bisa di pasangkan u papan lain, mulai dari prosesor,memori, sound card, display adapter, dsb.
d. CPU , adalah cip atau IC berbentuk persegi empat panjang yang merupakan otak dari komputer. satuan kecepatan prosesor adalah MHZ atau GHZ (1000MHZ). Bagian-bagiannya adalah :
  • ALU (arithmetic and logical unit) bertugas melakukan semua perhitungan aritmatika yang sesuai dengan instruksi program.
  • Control Unit (CU), merupakan pengatur lalu lintas data yang mempunyai fungsi mengatatur, dan mengendalikan alat input dan output, mengambil instruksi memori utama, mengambil data memori utama (jika dibutuhkan) untuk diproses, mengirim instruksi ke ALU jika terdapat perhitungan aritmatika, menyimpai utn hasil proses ke memori utama
  • Memory unit (MU), digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara menunggu giliran data dan instruksi lain untuk diproses. Ukuran memori ditujukan oleh satuan byte, misalnya 128 Mb, 256Mb,512Mb,2 Gb. 1 byte memori terdiri atas 8-32 bit (binary digit), yaitu banyaknya digit biner (0 atau 1). Jenisnya : a. ROM (read only memory) adalah jenis memori yang data atau programnya sudah diisi menurut standar pabrik komputer dan hanya bisa di baca saja.ROM terdapat pada BIOS yang terdapat pada motherboard yang berfungsi mensetting periferal yang ada pada sistem. b. RAM (random access memory). semua data dan program yang di masukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses secara acak yaitu dapat diisi/ditulis, diambil, atau di hapus isinya oleh pemogram.
e. harddisk
f.  sound card
g. heatsink fan atau cooling device
h. kabel power dan kabel konektor

OUTPUT DEVICE
Peralatan output adalah alat untuk menghasilkan informasi yang diperoleh dari hasil pemprosesan yaitu dalam bentuk tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (gambar atau grafis), suara, dan bentuk lainyang dapat dibaca oleh mesin. Peralatan output dapat berupa:
  1. hard copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media kertas, bersifat permanen dan lebih portabel (dapat dilepas dan dibawa ke mana-mana). yang termasuk hard copy device adalah printer, plotter dan alat microfilm.
  2. soft copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa elektronika. soft copy device dapat berupa video display (monitor), flat panel, spearivker.
  3. drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat di baca oleh mesin pada media, misalnya magnetic tape atau magnetic disk. Alat ini berfungsi ganda yaitu sebagai alat output juga sebagai alat input. yang termasuk dalam drive device adalah disk drive dan tape drive. 
SOFTWARE
Software adalah suatu rangkaian instruksi elektronik yang memerintahkan komputer untuk melakukan tugas tertentu sesuai yang diperintahkan oleh pengguna komputer. Instruksi itu disebut dengan program komputer. softaware disebut juga piranti lunak atau perangkat lunak. Fungsinya adalah menyiapkan aplikasi program komputer agar kerja seluruh peralatan komputer terkontrol, mengidentifikasi program, mengatur dan membuat pekerjaan jadi lebih efisien.

Pengelompokan software  berdasarkan fungsi dan kinerja terdiri atas:
  1. softwara sistem operasi (OS), yaitu pengelola seluruh sumber daya yang ada yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pemakai. Berdasarkan tampilannya atau interface OS ini dibedakan menjadi dua yaitu : command-line interface; OS menggunakan tampilan layar hitam putih dan hanya berbentuk tulisan tanpa gambar atau warna, biasanya hanya digunakan pada OS jenis UNIX dan DOS. graphical user interface (GUI); OS yang mempunyai tampilan menarik dengan tulisan, gambar dan tool, penggunaanya dapat ditemukan pada OS Windows, Linux, Macitosh dll. 
  2. software aplikasi (program aplikasi), yaitu perangkat lunak yang khusus ditambahkan dalam OS yang ada untuk melakukan pekerjaan khusus sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer. Untuk menambah program aplikasi pada OS harus dilakukan penginstalan sesuai dengan prosedur yang dijalankan pada program aplikasi tersebut. Beberapa jenis program aplikasi yang terus berkembang antara lain :                                                                                                                                       a.program aplikasi pengolahana kata, tabel, dan database, sebelum thn 1990-an aplikasi yang dikenal adalah pemproses kata (worid star, Chi write), pemprose tabel (Lotus 123, Quarto Pro), database (DBASE) dan hiburan (game). Saat ini untuk pemprose kata, tabel dan database telah dibundel menjadi aplikasi Office dengan tambahan aplikasi presentasi. Contoh aplikasi Office adalah Microsft Office yang terdiri atas Word (pemproses kata), Excel (pemproses angka), Access (database) dan Powerpoint (presentasi).
    b. program aplikasi multimedia dan internet, contohnya adalah aplikasi multimedia Winamp untuk pemutar musik berformat MP3 atau CD audio, RealPlayer untuk menonton film atau VCD, aplikasi internet untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.
    c.  program aplikasi desain grafis, yang bersifat khusus membantu pekerjaan seorang desain grafis pada beberapa bidang disiplin pekerjaan, misalnya AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronika), Adobe (pengolahan gambar dan foto), Corel (pengolahan gambar vektor dan 2D) serta aplikasi pengolahan gambar dan animasi 3D, serta pada bidang perhitungan tingkat tinggi yang menggunakan program Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
    d. program aplikasi utilitas, berfungsi membantu atau mengisi kekurangan atau kelemahan OS yang digunakan. Misalnya program aplikasi PC Tool yang dapat merawat dan menjaga kestabilan komputer dengan beberapa perintah, seperti clean disk yaitu membersihkan komputer dari file yang tidak berguna, defrag register yang digunakan untuk mengatur file direktori yang ada pada register edit OS. Beberapa aplikasi utilitas yang sering digunakan adalah Norton Utility, PC Tune-Up, CPUkiller, atau EasyRecovery.
    e. program aplikasi antivirus, jenis program yang digunakan untuk menjaga, mendeteksi, bahkan menghapus program virus yang telah menggangu kinerjaq OS. Beberapa aplikasi antivirus yang sering digunakan adalah Norton AntiVirus, McAfee VirusScan, AVG Antivirus, Kaspersky, Avira Antivirus atau Brontok Remover.
  3. software programming (bahasa pemrograman), para ahli pemrograman (programer) telah membuat aplikasi khusus yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan khusus sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna komputer. Untuk membuat aplikasi khusus ini dibutuhkan aplikasi yang disebut "bahasa pemograman". Hasilnya diterjemahkan menjadi kode mesin yang dapat dipahami oleh komputer. Berikut yang termasuk bahasa pemograman antara lain : 
  • bahasa mesin, merupakan bahasa pemograman generasi pertama dan tipe paling dasar bahasa pemograman yang terdiri dari atas kumpulan angka yang dapat digunakan oleh hardware komputer. Untuk jenis hardware yang berbeda, bahasa pemograman akan menggunakan kode mesin yang berbeda juga. Contohnya IBM menggunakan bahasa mesin yang berbeda dengan Apple.
  • bahasa assembly, merupakan bahasa pemograman generasi kedua yang sedikit lebih mudah digunakan daripada bahasa mesin. Untuk membuat program aplikasi dengan bahasa assembly, programmer membuat kode yang akan diterjemahkan oleh komputer yang disebut dengan assembler.
  • bahasa tingkat tinggi, pemoraman ini lebih mudah menulis kode programnya. Bahasa jenis ini dibedakan menjadi tiga generasi yaitu: 
a. bahasa generasi ketiga (3GLs) menggunakan frase berbahasa inggris dan mempunyai kemampuan 3GLs portabel, yang artinya kode obyek dibuat dan diterjemahkan untuk sistem berbeda. Contohnya FORTRAN, COBOL, BASIC, Pascal, Bahasa, Java, dll.
b. bahasa generasi keempat (4GLs) , menggunakan lingkungan berbasis teks atau visual sehingga pengguna komputer bisa menguasai aplikasi dengan mudah dan cepat. Contohnya Visual Basic (VB), VisualAge, dll.
c. bahasa generasi kelima (5GLs), merupakan bahasa lanjutan dari 4GLs yang sudah menggunakan interface visual yang lebih user-frienly, namun masih menjadi perdebatan di kalangan programmer dalam penggunannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More